Baking Soda from Top to Toe


Siapa yang suka sarapan pagi dengan roti dan teh hangat? Saya! Hehehe. Roti memang katanya khas makanan orang bule, meskipun sehari-hari banyak dari kita yang tinggal di kota besar juga "ngemil" roti sebagai kudapan kala santai. Tapi tahukah Anda salah satu bahan pembuat roti, yaitu baking soda juga bermanfaat untuk kecantikan?

Ya bisa juga sambil makan roti sambil luluran baking soda

Baking soda atau bicarbonate of soda atau sodium bicarbonate (sodium bikarbonat) atau  kalau di pasar-pasar namanya soda kue, adalah sejenis garam kimia yang punya nama NaHCO3 dan katanya terbuat dari batu-batuan (benarkah?) Si serbuk putih ini biasa digunakan untuk campuran roti dan donat supaya mengembang dan lembut.


Karena aman dicampur dalam makanan maka baking soda juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Well, tadinya sih saya kurang percaya soalnya saya masih belum menemukan terbuat dari apa sebenarnya baking soda itu. Penjelasan yang lumayan ada di situs Wise Geek 
tapi itu juga kurang memuaskan. So, saya coba baking soda itu, dan beginilah.


Pertama, saya punya masalah dengan alergi dan katanya tuangkan baking soda pada air mandi lalu berendam dapat mengurangi, bahkan, menghilangkan gatal-gatal dan ruam kulit. Tapi kayaknya ga puas cuma menuang baking soda ke air mandi.saya langsung campur bubuk baking soda bersamaan dengan sabun yang saya gunakan untuk mandi. Baking sodanya terasa dingin di kulit dan busa sabun berkurang. Setelah beberapa hari mandi dengan baking soda kulit terasa sehat, lho!


Kedua, saya mencampur juga baking soda ke dalam sabun pembersih muka, lalu cuci muka seperti biasa, dan kulit wajah jadi lumayan kencang dan halus. Di banyak forum kewanitaan banyak yang bilang kalau mereka sudah membuktikan bahwa baking soda bisa menghilangkan jerawat, menghaluskan dan memutihkan kulit muka.


Ketiga, saya juga mencoba memakai lulur baking soda. Tinggal campur baking soda dengan air, madu, putih telur, dibuat kental lalu balurkan ke wajah dan biarkan 15 menit. Hasilnya wajah jadi adem dan terasa lebih halus. Setelah itu gunakan pelembab wajah.


Keempat, baking soda bisa dicampur ke pasta gigi (odol) lalu gosok gigi secara normal. Gunanya untuk memutihkan gigi, namun disarankan tidak sering-sering menggosok gigi dengan baking soda karena akan mengikis email gigi yang membuat gigi cepat ngilu.


Kelima, untuk yang rambutnya berketombe, silahkan campur baking soda ke sampo saat keramas. Langsung campur dan gosok di kepala bersamaan dengan sampo. Pijat-pijat lalu bilas sampai bersih. Keramas dengan baking soda tanpa sampo juga bisa, malah lebih dianjurkan karena dapat menetralisir minyak dan kotoran tanpa risiko kulit kepala tercemar busa sampo yang mengandung deterjen.


Keenam, rendam kaki kedalam air hangat yang berisi baking soda dapat menghilangkan bau kaki dan menghaluskan kulit kaki, juga mengatasi kaki yang lelah. Bisa juga dicampur garam dapur atau garam mandi. Yang ini belum pernah saya coba karena saya jarang pakai sepatu dan kaki saya juga jarang pegal karena banyak duduk

Ketujuh, kalau biasa oprek-oprekan di dapur seperti saya, baking soda juga berguna untuk :

  • Membersihkan gelas yang ada noda kopi dan teh. Gosok gelas dengan baking soda lalu bersihkan deh. Cling! Gelas jadi kinclong lagi dan siap minum teh lagi.
  • Membersihkan sisa lemak di penggorengan. Gosok baking soda (boleh ditambah cuka) di wajan atau panci lalu cuci seperti biasa.
  • Merendam sendok, garpu, dan peralatan makan supaya tetap steril karena baking soda mengandung antiseptik.
  • Baking soda juga bisa untuk ngepel lantai. Langsung campur sedikit baking soda ke dalam air untuk mengepel lalu pel lantai seperti biasa. Takrannya kira-kira satu sendok makan baking soda untuk 3 liter air.

Ya sepertinya cukup tujuh saja karena masih banyak kegunaan lain dari baking soda tapi belum saya coba. Silahkan sediakan baking soda di rumah karena bahan ini aman, bebas bahan tambahan kimia meskipun punya nama kimia, dan aman untuk anak-anak. Cari baking soda atau soda kue di supermarket di bagian bahan-bahan kue atau di bagian perkakas.


Oya, baking soda berbeda dengan baking powder. Kalau baking soda itu sodium bikarbonat tanpa tambahan apa-apa. Sementara baking powder adalah sodium bikarbonat yang sudah ditambah bahan lain (cream of tartar, bahan pengering, dll) untuk menetralkan.


Selamat berbaking soda!






7 komentar

  1. katanya juga bs mengecilkan bopeng dan pori2 wajah yah?
    mm.. pengen cb neh, makasih yah infonya ^^

    BalasHapus
  2. Kalo bopeng lbh efektif pake jagung muda diparut trus ditempel ke wajah, lakuin 3-4 kali seminggu. Dan kalo pori2 pngn kecil pake aja jeruk nipis, 2x seminggu cukup, bisa bkin halus dan pori2 mengecil, tapi ga boleh sering2 krn bs bikin kulit muka jd kering.

    BalasHapus
  3. mbak, kalo untuk kulit (wajah dan tubuh) dan gigi, kadar baking soda nya gimana?
    takut salah takaran nanti bahaya... :)
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk gigi baking sodanya dicampur dikit aja ke odolnya trus sikat gigi kyk biasa. Kalo utk wajah sama jg dicampur ke sabun pembersih muka dikit aja trus dibusakan trus bilas deh.

      Hapus
  4. Klo untuk pnghilang noda bks jrawat bsa gak mba ?

    BalasHapus
  5. ada efek samping'e ga sih mba?
    apa lg untuk kulit wajah yg kering?
    khawatif effeknya fatah
    mohon share.

    BalasHapus
  6. kalo efek sampingnya ga ada ya, misalnya kulit jadi tipis gitu.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon